Definisi
KepuasanMenurut Para Ahli sebagai Berikut:
1.
Menurut Swan,Trawick, and Carroll (1982),
“customer satisfaction is Evaluative or cognitive opinion which analyses
whether the product represents a satisfactory or poor result for its end users
Emotional response towards product.”
Artinya:
kepuasan pengguna adalah Evaluatif atau kognitif pendapat yang menganalisis
apakah produk merupakan memuaskan atau hasil yang buruk bagi pengguna akhir
respon emosional terhadap produk.
2.
Menurut Churchill and Surprenant (1982),
“customer satisfaction is The conceptual response by the consumer to the
purchase and use of a product which comes from the comparison of the rewards
and cost of purchase relative to expectations. Operatively , similar to an
attitude because it can be measured as the total satisfaction from various
attributes.”
Artinya:
Kepuasan pengguna adalah tanggapan konseptual oleh konsumen untuk membeli dan
menggunakan dari produk yang berasal dari perbandingan imbalan dan biaya
membeli relatif terhadap harapan. Dengan kata lain, mirip dengan sikap karena
dapat diukur sebagai total kepuasan dari berbagai atribut.
3.
Menurut Labarbera and Mazursky (1983),
“customer satisfaction is subsequent evaluation of purchase evaluation of
surprise derived from the purchase of a product or service.”
Artinya
: kepuasan pelanggan adalah evaluasi selanjutnya evaluasi pembelian kejutan
yang berasal dari pembelian produk atau jasa.
4.
Menurut Halstead, Hartman,and Schimdt (1994),
“customer satisfaction is emotional response associated with a specific
transaction resulting from the comparison of the result of the product to some
set standard prior to purchase.”
Artinya
: kepuasan pelanggan adalah respon emosional yang terkait dengan transaksi
tertentu yang dihasilkan dari perbandingan hasil produk ke beberapa standar
yang ditetapkan sebelum pembelian.
5.
Menurut Fornell( 1992),”customer satisfaction
Overall evaluation after purchase.” Artinya : kepuasan pelanggan secara
keseluruhan evaluasi setelah pembelian.
6.
Menurut Cadotte, Woodruff, and Jenkins(19987),
“customer satisfaction is impression after the evaluation of use of the product
or service.”
Artinya
: kepuasan pelanggan adalah kesan setelah evaluasi penggunaan produk atau jasa.
Daftar Pustaka
http://www.dho.edu.tr/sayfalar/02_Akademik/Egitim_Programlari/Deniz_Bilimleri_Enstitusu/Dergi/044_Emrah_Cengiz.pdf
(diakses pada Jumat, 20 Februari 2015 pukul 6.35)
makasih kak mantab
BalasHapus