Analisis
Lingkungan Pemasaran
Resume
Pertemuan Ke-4 mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Pada Hari
Selasa, 10 Maret 2015 oleh Dosen Amril Muhammad, SE, M.Pd dengan membahas
tentang Analisis Lingkungan Pemasaran.
Lingkungan
Pemasaran:
-
Terdiri dari para pelaku dan kekuatan-kekuatan yang berasal dari fungsi
manajemen pemasaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran
untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses dengan para
pelanggan sasarannya.
-
Pekerjaan manajemen pemasaran adalah untuk mempengaruhi dan membangun hubungan
dengan konsumen untuk menciptakan nilai dan kepuasan konsumen.
-
Namun, Marketing manager tidak dapat bekerja sendiri, dia pasti bergantung
dengan factor-faktor lainnya untuk dapat mencapai target pasar.
Lingkungan
Pemasaran dibedakan:
A.
Lingkungan Mikro:
kekuatan
yang paling dekat dengan perusahaan yang langsung mempengaruh pelayanan
perusahaan terhadap konsumen. lingkungan mikro adalah perusahaan itu sendiri,
pemasok barang, jaringan atau agen penjualan, pelanggan, pesaing, dan
masyarakat.
Lingkungan
mikro terdiri dari:
1.
The Company (Perusahaan)
-
Top management: pejabat yang mempengaruhi
-
Finance: keuangan
-
Riset&Development: membuat produk baru
-
Purchasing: pembelian
-
Manufacturing: produksi barang
-
Accounting: pembukuan, daftar infentaris, jadwal, proses kerja
2.
Pemasok
Mereka
yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk memproduksi barang dan jasa.
-
Watch supply availability (melihat pasokan ketersediaan)
- monitor the price trend of their key inputs
(memeriksa harga)
3.Perantara
Merupakan
perusahaan yang membantu lembaga untuk mempromosikan, menjualkan, dan
mendistribusikan barang sampai kepembeli akhir. Mencakup menjual kembali,
perusahaan distribusi fisik, marketing agen jasa, dan lembaga keuangan.
4.
Pelanggan
-
Customers Markets: pelanggan dipasar
-
Bussines Markets: pengusaha untuk membuka bisnis
- Reseller Markets: pengusaha kecil yang
menjual kembali barang yang dibeli
-
Government Markets: penjual barang (seperti bis, peralatan, dsb) ke pemerintah
-
International Markets: barang-barang yang dijual untuk ekspor
5.
Masyarakat
-
Financial Public: Masyarakat Keuangan (seperti : bank, lembaga penanaman modal,
makelar saham, pemegang saham)
-
Media Public: Masyarakat Media (seperti : surat kabar, majalah, radio, TV)
-
Government Public: Masyarakat Pemerintah
-
Citizen-action Public: Masyarakat Pembela Kepentingan Umum (seperti: mahasiswa
yang demo ataupun aksi masyarakat baik positif atau negative)
-
Local publics: masyarakat umum
-
Internal publics: masyarakat dalam perusahaan.
B.
Lingkungan Makro
Lingkungan
makro berada di luar system organisasi, tetapi
memiliki akibat atau pengaruh potensial terhadap organsisasi untuk
mencapai tujuan. Lingkungan itu terdiri dari: Persaingan, ekonomi, teknologi,
politik, demografi, dan cultural. Organisasi harus bertindak secara aktif, jika melihat
perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan ekternalnya, tentu saja tindakan
yang diambil harus disesuaikan dengan target pasarnya. Jadi organisasi tidak
hanya sekedar bertindak reaktif saja, apalagi hanya melihat.
Lingkungan
makro terdiri dari:
1.
Demografi Environment (Lingkungan Demografi)
-
Size: ukuran
-
Density: kerapatan. Makin banyak masyarakat yang tinggal (yang akan menajdi
konsumen) maka makin besar peluang marketing
- Location: lokasi yang strategis menentukan
mulus tidaknya pemasaran
-
Age: usia (menentukan kepada siapa barang-barang akan dijual)
-
Gender: kelamin (jenis barang yang berbeda untuk setiap jenis kelamin)
-
Race: ras (kebutuhan masing-masing suku yang berbeda)
- Occupation: pekerjaan (penghasilan seseorang
akan menentukan kepada siapa barang akan dijual)
-
Other Statistic: data statistic yang lain (seperti: tinggi badan, berat badan,
dsb)
2.Lingkungan
Ekonomi
Kekuatan
daya beli. Potensi menghasilkan transaksi
-
Buying power: kekuatan untuk membeli
-
Spending pattern: pola mengelola dan mengeluarkan uang
3.Lingkungan
Alam
-
Shortages of raw materials: barang yang disimpan, berapa lama akan bertahan
- Increased cost of energy: kenaikan biaya
(listrik, gas)
-
Increased pollution: polusi
-
Government intervention in natural resources management: intervensi pemerintah
mengenai sumber daya
4.
Lingkungan Teknologi
- New technology: teknologi terbaru
-
Creating new product: produk yang harus terus diperbaharui
-
Market opportunities: peluang pasar, selalu lihat tren pasar terbaru
-
Fast pace of technology change: kecepatan perubahan teknologi
-High
Riset&Development budgets: anggaran yang diperlukan untuk
Riset&Development
-
Concentration on minor improvement: hal kecil tetap diperhatikan, lalu
diperbaiki
- Increased regulation: perubahan kebijakan
5.
Lingkungan Politik
-
Laws: hukum
-
Government: pemerintah
-
Pressure Group: grup/kelompok yang bisa menekan (seperti: partai, LSM)
-
Legislation regulating bussines: paraturan kebijakan bisnis
- Changing Government: perubahan pemerintah
6.
Lingkungan Budaya
-
Persistence of cultural value: ketekunan, budaya yang kuat, menjaga nilai-nilai
budaya dengan ketekunan
- Shift’s in secondary cultural value: kesiapan
untuk memiliki budaya lebih dari Satu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar