Senin, 27 April 2015

PENGEMBANGAN PRODUK

Pengembangan Produk
Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan pertemuan ke-9 pada tanggal 14 April 2015 Pak Amril Muhammad melanjutkan penjelasan materi mengenai Pengembangan Produk.

APengertian Pengembangan Produk
● Pengembangan produk adalah serangkaian aktifitas yang dimulai dari analisis persepsi dari peluang pasar kemudian diakhiri dengan tahap produksi, penjualan dan pengiriman produk.
● Tujuan: menjelaskan suatu metode pengembangan produk yang jelas dan terperinci yang di dalam tahapannya melibatkan fungsi-fungsi pemasaran, perancangan dan manufaktur yang ada pada suatu perusahaan.

BSiklus Hidup Produk (Product Life Cycle/PLC)
● PLC merupakan konsep yang penting dalam pengembangan produk dan pemasaran karena memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika bersaing suatu poduk hasil pengembangan.
● Alasan PLC:
- Produk memiliki umur yang terbatas
- Penjualan produk melalui berbagai tahap yang berbeda, masing-masing memberikan tantangan, peluang dan masalah yang berbeda bagi penjual
- Laba naik dan turun pada berbagai tahap siklus hidup produk

Siklus hidup produk terdiri dari 5 tahap, yaitu:
1. Tahap penemuan dan pengembangan produksi (discovery and development)
2. Tahap perkenalan (introduction)
3. Tahap pertumbuhan (Growth)
4. Tahap kedewasaan (maturity)
5. Tahap penurunan (decline)

CKategori Produk Baru
● Produk baru bagi dunia
● Lini produk baru yaitu bagian-bagian dari produk
● Tambahan pada lini produk yang telah ada
● Perbaikan dan revisi produk yang telah ada
● Repositioning (penentuan kembali posisi)
● Pengurangan biaya

DMengorganisasikan Pengembangan Produk Baru
1. Manajer produk
2. Manajer produk baru
3. Komite manajemen tingkat tinggi
4. Departemen produk baru
5. Kelompok kerja: suatu kelompok yang berasal dari berbagai departemen operasi dan ditugaskan untuk mengembangkan suatu produk atau bisnis tertentu
6. System gerbang bertahap/ strage gate system:
*Para penjaga gerbang (gate keepers) membuat salah satu dari empat keputusan:
- Gol/ lanjutkan
- Kill/ hentikan
- Hold/ tahan

EMengelola Proses Pengembangan Gagasan
1. Lahirnya gagasan
o   Berinteraksi dengan yang lain
- Wiraniaga
- Perantara
- Juara produk
2. Penyaringan gagasan
- Manajer gagasan
- Komite gagasan
- Dua jenis kesalahan pada penyaringan gagasan
3. Pengembangan dan Pengujian konsep
- Gagasan produk, adalah produk yang mungkin dapat ditawarkan oleh perusahaan ke pasar
- Konsep produk, versi terinci dan suatu gagasan yang dinyatakan dalam istilah-istilah berarti bagi konsumen
4. Pengembangan konsep
- Konsep kategori, yang menentukan persaingan produk
- Peta positioning produk, yang menunjukkan posisi sekarang dan merek minuman sarapan instan yang sudah ada
- Konsep merk
- Percevied value/nilai yang diyakini
- Purchased intention/minat pembeli
- Sasaran pemakai, saat pembelian dan frekuensi pembelian

FMengelola proses pengembangan: dari konsep ke strategi
1. Pengujian konsep
o   Rapid prototyping/ Prototipe yang cepat
o   Virtual reality/ realitas semu
o   Customer-driven engineering/ rekayasa berdasarkan pelanggan
2. Pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur dimensi produk
o   Communicability and believability kemampuan dikomuniaskan dan dipercaya
o   Need level/ level kebutuhan
o   Gap level kesenjangan
-Nilai kesenjangan-kebutuhan
o   Perceived value/ nilai yang diyakini
o   Purchase intention/ minat pembeli
o   Sasaran pemakai, saat pembelian, dan frekuensi pembelian
3. Analisis gabungan, yaitu metode untuk mendapatkan nilai utilitas yang diberikan konsumen ke berbagai level atribut produk
o   Contoh lima desain elemen:
- Tiga desain paket.
- Tiga nama merek
- Tiga harga
- Kemungkinan pemberian cap “perawatan rumah yang baik”
- Kemungkinan garansi pengembalian uang
o   Strategi Pemasaran
o   Analisis Bisnis
- Memperkirakan penjualan total
*Distribusi umur hidup
- Memperkirakan biaya dan laba.
*Analisis titik impas
*Analisis resiko
GMengelola Proses Pengembangan: Dari Pengembangan Komersialisasi
1. Pengembangan Produk
o   Penyebaran fungsi mutu / Quality Function Deployment (QFD)
o   Atribut pelanggan / Customer Attributes (CAs)
o   Atribut rekayasa / Engineering Attributes (EAS)
2. Pengujian Pasar
o   Pengujian pasar barang konsumen
- Mencari untuk memperkirakan empat variable:
* Trial percobaan
* First repeat (pengulangan pertama)
* Adoption penerimaan
* Purchase frequency (frekuensi pembelian)
- Sales wave research (penelitian gelombang penjualan)
- Simulated Test Marketing (Pengujian Pasar Dengan Simulasi)
- Controlled Test Marketing (Uji Pemasaran Terkendali)
- Uji Pasar
* Berapa banyak kota yang diuji?
* Kota yang mana?
* Lama pengujian?
* Informasi apa?
* Tindakan apa yang dilakukan?
3. Pengujian Pasar Barang Bisnis
Komersialisasi
o   Kapan (Penentuan Waktu)
- First entry (masuk pertama)
- Parallel entry (masuk bersamaan)
- Late entry (masuk terlambat)
o   Dimana (Strategi Geografis)
o   Kepada Siapa (Strategi Pasar Sasaran)
o   Bagaimana (Strategi Perkenalan Pasar)
- Penjadwalan jalur kritis/ Critical Path Scheduling (CPS)
HMengapa Produk Baru Gagal?
·         Eksekutif level tinggi mungkin memaksakan gagasan favorit walaupun hasil riset pasar negatif.
·         Ide itu bagus, tapi perkiraan ukuran pasarnya terlalu berlebihan.
·         Produk tidak dirancang dengan baik.
·         Produk diposisikan secara keliru di pasar tak diiklankan secara efektif, atau tertalu mahal.
·         Produk gagal untuk memperoleh cakupan distribusi dan dukungan yang cukup.
·         Biaya pengembangan lebh tinggi darpada yang diperkirakan.
·         Pesaing membalas dengan lebih gencar darpada yang diperkirakan.
IFaktor-faktor yang cenderung menghambat pengembangan produk baru
- Kekurangan gagasan mengenai produk baru yang penting dibidang tertent
- Pasar yang terbagi-bagi
- Kendala sosial dan pemerintah
- Mahalnya proses pengembangan produk baru
- Kekurangan modal
- Waktu pengembangan yang lebih singkat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar